Thursday 7 March 2013

Dasar Blogging I : Kenali Darimana Asal Visitor

Dasar Blogging I : Kenali Darimana Asal Visitor - Sebagai seorang Blogger Profesional mengetahui sumber visitor adalah hal yang paling diwajib untuk diperhatikan. Sebab dengan kita mengetahui asal visitor, maka akan mempermudah kita dalam melakukan optimasi blog. Baik dalam optimasi konten maupun optimasi SERP.

1. Posisi blog kita di search engine jelek : Sekarang anda posisikan diri anda sendiri menjadi orang yang lagi nyari informasi lewat Search engine (Google/Yahoo/Bing). Nah misal kita lg nyari info, ketika ngetik kata kunci dan kluar hasil pencarian. Kira-kira kita mau ga nyarinya sampe ke halaman 3 hasil pencarian ? rata-rata maksimal nyerah di halaman 2 dan ganti kata kunci kan? Jadi klo SERP (Search Engine Rank Position) blog kita diatas halaman 3 ya wajar kalo pengunjung nya dikit.

Lalu bagaimana kita bisa tau posisi blog kita di search engine?
Kalo aku biasa pake tool gratisan Rankerizer, kalo buat google.com,yahoo.com dan bing
Bisa didownload di : www.rankerizer.com
Tinggal bikin New Project, masukin url blog kita, masukin kata kunci yg sudah dioptimasi trus start. Nanti bakal keluar posisi blog kita ada di halaman berapa. Atau jika kamu ingin cek posisi di google yg laen misal co.id dkk bisa pake www.seoserp.com/web_tools/google_top_1000_serps_checker.asp

Nah dari sini baru muncul permasalahan klasik yg fatal : "Bro.. aku ga tau kata kunci yg dioptimasi" <-- ..="" 2="" blogger="" br="" cuma="" dbahas="" di="" ga="" ini="" pake="" permasalahan="" poin="" posting="" rajin="" riset="" umum="" yg="" yuk="">
2. Salah riset keyword atau kata kunci atau bahkan ga pake riset.
Kisah nyata ini ada blogger yg bikin blog dkasi nama yakezlogad sampe dibelain beli domain yakezlogad.com. Ketika search pake kata kunci yakezlogad otomatis blog dia di halaman 1 ranking. Pertanyaan utama, siapa yg mau mencari informasi pake kata kunci itu ? Berarti blog dia cuma dipake pribadi kan ? ga butuh pengunjung lain

Jadi pola pikirnya kaya gini : kalo temen-temen mau bikin blog gado-gado, asal rajin posting aja tiap hari itu sama kaya bikin toko. Jual barang apa aja tapi ga tau barang yang djual itu bakal ada org yg beli atau enggak. Minimal ada yg cari ato enggak hasilnya gimana? ya tetep bakal ada pengunjung yg dateng tapi sifatnya pengunjung iseng atau bisa dibilang kebetulan mampir.

Nah bandingkan dengan sebelum buka toko. Diriset benar-benar barang apa yg kira-kira lagi trend. Barang yg lagi laku banyak yg nyari trus pesaingnya sedikit. baru deh dipajang.
lebih gampang mana dpt pengunjung drpd yg pertama?

Oke, sementara itu dulu yang admin bisa sampaikan. Selanjutnya saya akan bahas tentang Dasar Blogging yang lainnya. Jika ada pertanyaan silahkan ditanya bisa melalui dengan cara mengepos komentar.

3 comments: