Friday 15 April 2011

Cara Mudah Setting Blog


Salah satu hal untuk membuat blog lebih baik dari sebelumnya yaitu harus di setting. Fungsinya sebuah blog di setting yaitu untuk memberikan media yang lebih dalam ngeblog, seperti menambahkan kotak komentar dibawah postingan, dll. Cara Setting blog kali ini mungkin sudah banyak dibahas di blog lain, namun tidak ada salahnya untuk terus berbagi kepada sobat blogger dong. Berikut langkah-langkah untuk setting blog di blogspot :

Cara Setting Blog

Langkah pertama untuk melakukan setting pada blog anda tentunya login di blogger. Dan jangan lupa untuk mengganti settingan bahasa menjadi bahasa indonesia supaya bisa sinkron dengan panduan ini.
Cara Setting Blog di Blogger
Selanjutnya, silahkan klik “pengaturan” pada blog yang ingin anda rubah settingannya.
Cara Setting Blog
Pada bagian pengaturan ini, ada beberapa settingan seperti yang anda lihat. Disana ada menu dasar, publikasikan, format, dan lain – lain. Disini kita akan bahas satu – satu bagaimana settingan setiap menu – menu tersebut.

Dasar

Pada menu ini, ada 2 bagian yang perlu dirubah. Sisanya terserah anda.
  1. Tambahkan blog anda ke dalam daftar kami, silahkan pilih “Ya”
    Maksud dari bagian ini yaitu apakah blog anda ingin dimasukan ke dalam daftar blogger.com atau tidak.
  2. Biarkan mesin pencari menemukan blog anda, pilih “Ya” juga.
    Supaya blog anda bisa muncul di hasil pencarian Google, Yahoo, dll.

Publikasikan

Pada menu ini tidak ada bagian yang perlu dirubah, kecuali jika anda ingin menggunakan custom domain untuk blog anda.

Format

Untuk menu ini, anda cukup mengubah bagian zona waktu saja sesuai dengan waktu di daerah anda. Misalnya : karena saya tinggal di bandung, maka saya pilih (GMT+07.00) Jakarta.
Untuk bagian yang lainnya, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda dengan melihat keterangan terlebih dahulu pada setiap bagian.

Komentar

Yang sebaiknya perlu di rubah pada menu ini yaitu pada bagian siapa yang bisa berkomentar. Pilih “siapapun” supaya semua pengunjung blog anda bisa memberikan komentar.

Arsipkan

Pada menu ini tidak ada yang perlu di rubah.

Feed Situs

Untuk bagian ini, sebenarnya tidak ada yang perlu di rubah. Kecuali, jika anda menggunakan feedburner sebagai feed dari blog anda, maka pada bagian Posting URL Pengubahan Arah Feed perlu diisi dengan alamat feed blog anda yang diberikan oleh feedburner.
Untuk menu yang lainnya, mungkin lebih baik tetap menggunakan settingan awal (default setting)
Selamat mencoba

2 comments: